Membuat Multimedia Interaktif (MMI) dengan Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8
Membuat
Multimedia Interaktif (MMI) dengan Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8
Oleh
: Nurjanah
Seiring dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, dalam hal aplikasi atau software dalam pembelajaran juga mengalami perkembangan yang cukup
pesat. Salah satu media software yang
dapat digunakan dalam pembelajaran adalah iSpring Suite 8. Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin,
nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu.Multimedia juga menyediakan peluang bagi
pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil
yang maksimal. Demikian juga bagi peserta didik, dengan multi media diharapkan
mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana peserta
didik untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien.
Beberapa definisi multimedia menurut
beberapa ahli diantaranya :
1.
Multimedia dalam konteks
komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
2.
Multimedia sebagai
perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video
untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
3.
Multimedia merupakan
kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi
(Zeembry, 2008)
4.
Multimedia (sebagai
kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data
multimedia (Zeembry, 2008)
5.
Multimedia dapat dipandang sebagai upaya pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks,grafik,audio,gambar bergerak(video dan animasi) dengan
menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan
navigasi,berinteraksi,berkreasi dan berkomunikasi baik dalam konteks face
to face,offline konteks, maupun online konteks. . Menurut Darmawan (2014:53)
Berdasarkan pendapat-pendapat
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara
berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan
digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima
pesan/informasi.
Multimedia sendiri terbagi menjadi
dua kategori yaitu a) Multimedia linear dan b) Multimedia interaktif.
Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat
pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini
berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film. Multimedia interaktif
adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat
dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang
dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah:
Aplikasi game dan CD interaktif.
Multimedia
Pembelajaran interaktif merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang ditujukan
untuk menyalurkan pesan pembelajaran berupa pengetahuan, ketrampilan dan sikap
agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik dalam belajar
sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.Dengan
demikian multimedia pembelajaran interaktif adalah media yang dirancang
agar peserta didik dapat
belajar secara mandiri, aktif dan terkendali.
Adapun Manfaat Multimedia
Pembelajaran Interaktif yaitu dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran
secara kreatif. Dengan desain pembelajaran yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran
menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif,
kualitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat
dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat belajar belajarpeserta didik dapat
ditingkatkan.
Menurut wikipedia media pembelajaran interkatif adalah sebuah metoda
pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran
interaktif merupakan media penyampaian pesan antara tenaga pendidik
kepada peserta didik yang memungkinkan komunikasi antara manusia dan
teknologi melalui sistem dan infrastruktur berupa program aplikasi serta
pemanfaatan media elektronik sebagai bagian dari metode edukasinya.
Perkembangan teknologi ICT yang
semakin maju dan canggih memberikan kontribusi yang besar dalam dunia
pendidikan khususnya terhadap pembelajaran. Salah satu diantaranya multimedia
sebagai perantara komunikasi antara guru dan siswa. Dengan adanya multimedia
maka penyampaian informasi ataupun materi pelajaran kepada siswa menjadi
semakin mudah, menarik, atraktif, interaktif, efektif, dan efisien serta siswa
pun menjadi mudah mengerti terhadap materi.
Selain itu, penyampaian materipun tidak monoton dan membosankan. Oleh
karena itu, maka diharapkan para guru mampu menguasai berbagai macam software
aplikasi pembelajaran demi memperbaiki pembelajarannya agar lebih menarik dan
memotivasi siswanya untuk belajar. Salah satu software aplikasi pembelajaran
multimedia interaktif adalah iSpring. iSpring memiliki banyak jenis, yaitu iSpring Pro untuk mengubah PowerPoint
menjadi Flash, iSpring Presenter,
iSpring Online, iSpring QuizMaker, Active Swf,
iSpring SDK.
Pengembangan media pembelajaran
berbasis ICT diperuntukkan bagi guru yang sudah mengenal dan menggunakan TIK
dalam pembelajarannya). Menurut Mishra & Koehler (2006), Koehler, Mishra,
Akcaoglu, & Rosenberg (2013), dan AACTE Committee on Innovation and
Technology (2008), dalam mengembangkan pengajaran berbasis ICT, seorang guru
hendaknya menguasai pengetahuan akan materi yang disampaikan (Content Knowledge),
wawasan pedagogi yang akan digunakan (Pedagogical Knowledge), dan pengetahuan
tentang teknologi yang akan digunakan (Technological Knowledge) atau yang
selanjutnya disebut dengan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge
(TPACK). Ketiga pengetahuan tersebut mutlak dikuasai dan diimplementasikan
dalam pengajaran berbasis teknologi. Jika seorang guru hanya menguasai sebagian
dari ketiga komponen tersebut, maka media pembelajaran yang mengintegrasikan
teknologi akan mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pencapaian kompetensi yang
diharapkan dalam suatu pengajaran materi pelajaran. Sebagai contoh, karena
penguasaan guru hanya terkait dengan materi pembelajaran namun lemah dalam
pengetahuan penggunaan teknologi, tidak sedikit media pembelajaran yang dirancang
oleh guru tersebut menggunakan Microsoft (Ms) PowerPoint sebagian besar berisi
teks saja, seperti layaknya tampilan bahan ajar tercetak (buku, artikel, atau
teks pelajaran).
Di lain sisi, guru yang menonjol
pengetahuan teknologinya namun tidak memperhatikan aspek pedagogi penyampaian
materi pelajaran, cenderung menyajikan PowerPoint yang berisi animasi dan suara
yang membuat perhatian pembelajar berfokus pada ketakjuban pemanfaatan animasi
dan suara yang berlebihan, sehingga esensi materi pelajaran yang ingin
disampaikan oleh guru tidak terserap dengan baik. Padahal peran animasi dalam
media pembelajaran dimaksudkan untuk memperjelas konsep yang sedang dipelajari,
sedangkan peran suara dalam media pembelajaran adalah untuk memberikan
penekanan pada hal-hal yang perlu diperhatikan dan sebagai transisi dari satu
topik bahasan kepada topik bahasan lainnya. Dengan perkembangan teknologi yang
begitu pesat, pilihan perangkat lunak (Software) hingga perangkat keras
(Hardware) yang dapat digunakan oleh guru bidang studi.
Salah satu software yang telah
dikenal banyak guru dalam kegiatan pembelajaran adalah MS. PowerPoint. Pada
slide (lembar kerja) PowerPoint, guru
umumnya memuat teks, gambar, grafik, dan tabel. Padahal, saat ini, Ms.
PowerPoint juga dapat mengintegrasikan aplikasi lain yang diharapkan dapat
mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam
kegiatan pembelajaran matematika. Salah satu software yang dapat diintegrasikan
ke dalam Ms. PowerPoint adalah iSpring.
Pengintegrasian iSpring Suite 8 dalam Ms. PowerPoint akan sangat
bermanfaat bagi guru alam membuat media
pembelajaran yang akan digunakan dalam pengajarannya.
Dengan memanfaatkan iSpring, siswa
tidak perlu mencatat sajian materi yang disajikan di kelas, mereka dapat
membawa pulang file sajian PowerPoint guru yang tidak hanya berisi sajian yang
dirancang guru sebelum pengajaran, tetapi juga berisi rekaman penjelasan guru
baik visual maupun grafis. Selain bahan presentasi, iSpring juga memungkinkan
guru mengisi slide PowerPoint dengan soal kuis atau latihan baik yang berbentuk
tes pilihan ganda maupun tes uraian. Pada soal kuis tersebut, guru juga dapat
memberikan umpan balik (feedback) sebagai respons atas jawaban siswa. Mengingat
begitu banyak manfaat pengintegrasikan iSpring dalam media pembelajaran
berbasis Ms PowerPoint, maka perlu dilakukan pengkajian secara teoritis
bagaimana pemanfaatan Ms. PowerPoint dan iSpring dalam pembelajaran matematika
berbasis Technological Pedagogigal Content Knowledge (TPACK).
Berikut adalah bagaimana cara-cara
membuat multimedia interaktif (MMI) dengan menggunakan iSpring Suite 8.
1. Pastikan anda telah memiliki
software iSpring Suite 8 yang telah diinstallkan dan pastikan sudah tidak ada
tanda kunci di iSpring Suite 8 yang terdapat dalam power point, jika masih
terdapat tanda kunci, maka anda dapat mencopy file crack di iSpring Suite 8,
dan mempastekan file crack tersebut dalam program file di Local Disk C pada
bagian iSpring Suite 8. Jika sudah terinstal dengan benar, maka akan diperoleh
tampilan seperti berikut.
2. Persiapkan file yang telah
anda buat di power point. File tersebut dapat terdiri dari identitas
pembelajaran, identitas pembuat file pembelajaran (identitas guru) beserta foto
diri atau foto yang lainnya, materi pembelajaran, video, quiz dan penutup
pembelajaran. Selain itu dalam setiap slide juga dapat diselipkan record video.
Record video untuk menambahkan file berupa video dimana guru dapat menjelaskan
tata cara di setiap slide atau hal utama yang terdapat pada slide yang
dimaksudkan. Misalnya file seperti berikut:
3. Jika anda akan membuat quiz
menggunakan iSpring Suite 8, maka yang harus anda lakukan setelah langkah kedua
diatas adalah mengklik iSpring Suite 8-kemudian klik Quiz, dan akan muncul
tampilan seperti berikut:
kemudian pilih graded quiz.
Setelah itu pilih bentuk quiz yang anda inginkan di bagian graded question.
Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan seperti tampak pada gambar berikut.
Silahkan pilih sesuai dengan bentuk quiz yang anda inginkan.
Misalnya saya akan memilih
multiple choice, maka tampilan akan berubah menjadi seperti berikut.
Pada bagian multiple choice
question, silahkan ketikan soal yang akan anda uji untuk peserta didik. Pada
bagian Answer, di setiap alternatif pilihan, tinggal anda ganti dengan jawaban
benar dan jawaban salah, jika opsi dalam answer kurang, maka tinggal di klik +
di sisi sebelah kanan pada bagian answer.
Pada bagian answer, jawaban yang
benar di klik. Adapun untuk menulis simbol jawaban yang benar maka tinggal di klik di setiap alternatif
answer yaitu simbol equation. Jika soal yang anda berikan lebih dari satu soal,
maka klik duplicate di bagian atas dan secara otomatis soal 1 akan menjadi dua
(sesuai dengan berapa kali anda menduplikat soal 1). Anda tinggal melakukan
edit pada soal nomor 2 dan seterusnya sampai selesai. Jika sudah selesai
memasukkan semua soal maka langkah selanjutnya adalah klik save and return to
course
Maka
tampilan dalam file power point yang dibuat akan menjadi seperti gambar berikut
:
4. Setelah langkah 1 sampai
langkah 3 sudah berhasil anda lakukan, dan anda ingin menambahkan file berupa
video anda sedang berbicara atau melakukan penerangan tentang slide pada power
point, maka di iSpring Suite 8 anda tinggal mengklik record video.
Kemudian akan muncul tampilan
seperti berikut. Anda harus mempersiapkan diri dari mulai penampilan, alat
bantu untuk membuat suara Anda lebih jernih (misalnya microphone).
Anda tinggal mengklik start
record dan memulai bicara, setelah selesai bicara tinggal klik stop. Kemudian
klik Ok. Secara otomatis tampilan record video akan hilang. Lakukan cara yang
sama jika Anda ingin di setiap slide terdapat record video.
5. Setelah anda memastikan semua
hal yang anda inginkan sudah ada dalam file yang anda buat, mulai dari
identitas mata pelajaran, identitas dan foto diri, materi, file video
pembelajaran, dan quiz. Langkah selanjutnya adalah klik Publish di iSpring
Suite 8.
Kemudian pada tampilan berikutnya
klik CD.
Pada bagian presentation title
pastikan nama file yang akan anda buat telah benar.
Pada bagian Local Folder adalah
lokasi tempat anda menyimpan file output dari iSpring Suite 8.
Pada bagian Costumize harus pada
pilihan Universal (Full).
Pada bagian Output Options harus
pada posisi Executable (EXE).
Setelah semuanya sesuai, klik
Advanced, klik background, kemudian pilih warna yang anda inginkan.
6. Jika langkah keenam sudah
dilakukan kemudian klik Publish di bagian kanan bawah, dan akan muncul tampilan
seperti berikut. Anda tinggal menunggu proses berakhir.
7. Cari file iSpring Suite 8 yang
berbentuk folder, maka akan diperoleh tampilan seperti berikut:
8. Pada tampilan nomor 7 kemudian
klik movie, dan Multimedia Interaktif (MMI) yang anda buat berbantuan iSpring
Suite 8 telah selesai dibuat dan siap digunakan.
Selamat Mencoba Multimedia
Interaktif dengan I Spring Suite 8…..
Daftar Pustaka
Arsyad,
A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Darmawan,Deni
(2014). Inovasi Pendididkan. Rosdakarya: Bandung. Green, T. D. & Brown, A.
(2002). Multimedia Project In The
Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich,
R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And
Technologies For Learning (6th ed.).
USA: Merrill/Prentice Hall.
Padmanthara,
S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media
Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
Vaughan,
T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill
http://trainforfly.blogspot.co.id
https://robisuprana.wordpress.com/multimedia-interaktif-dengan-software-i-spring-presenter
https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/04/24/pengertian-multimedia-interaktif-2/.
Diakses tanggal 14 Mei 2018.
Komentar
Posting Komentar