Membuat Multimedia Interaktif (MMI) dengan Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8


Membuat Multimedia Interaktif (MMI) dengan Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8

Oleh : Nurjanah










           Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam hal aplikasi atau software dalam pembelajaran juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu media software yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah iSpring Suite 8. Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi peserta didik, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana peserta didik untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien.
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya :
1.      Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
2.      Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
3.      Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
4.      Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
5.      Multimedia dapat dipandang sebagai upaya pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,grafik,audio,gambar bergerak(video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi,berinteraksi,berkreasi dan berkomunikasi baik dalam konteks face to face,offline konteks, maupun online konteks. .   Menurut Darmawan (2014:53)
           Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.
          Multimedia sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu a) Multimedia linear dan b) Multimedia interaktif. Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film. Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: Aplikasi game dan CD interaktif.
         Multimedia Pembelajaran interaktif merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk menyalurkan pesan pembelajaran berupa pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik dalam belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif adalah media yang dirancang agar peserta didik dapat belajar secara mandiri, aktif dan terkendali.
Adapun Manfaat Multimedia Pembelajaran Interaktif yaitu dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain pembelajaran yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif, kualitas  belajar peserta didik dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat belajar belajarpeserta didik dapat ditingkatkan.
Menurut wikipedia media pembelajaran interkatif adalah sebuah metoda pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran interaktif  merupakan media penyampaian pesan antara tenaga pendidik kepada peserta didik yang memungkinkan komunikasi antara manusia dan teknologi melalui sistem dan infrastruktur berupa program aplikasi serta pemanfaatan media elektronik sebagai bagian dari metode edukasinya.
Perkembangan teknologi ICT yang semakin maju dan canggih memberikan kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan khususnya terhadap pembelajaran. Salah satu diantaranya multimedia sebagai perantara komunikasi antara guru dan siswa. Dengan adanya multimedia maka penyampaian informasi ataupun materi pelajaran kepada siswa menjadi semakin mudah, menarik, atraktif, interaktif, efektif, dan efisien serta siswa pun menjadi mudah mengerti terhadap materi.  Selain itu, penyampaian materipun tidak monoton dan membosankan. Oleh karena itu, maka diharapkan para guru mampu menguasai berbagai macam software aplikasi pembelajaran demi memperbaiki pembelajarannya agar lebih menarik dan memotivasi siswanya untuk belajar. Salah satu software aplikasi pembelajaran multimedia interaktif adalah iSpring. iSpring memiliki banyak jenis, yaitu   iSpring Pro untuk mengubah PowerPoint menjadi Flash,  iSpring Presenter, iSpring Online,   iSpring QuizMaker,   Active Swf,  iSpring SDK.
          Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT diperuntukkan bagi guru yang sudah mengenal dan menggunakan TIK dalam pembelajarannya). Menurut Mishra & Koehler (2006), Koehler, Mishra, Akcaoglu, & Rosenberg (2013), dan AACTE Committee on Innovation and Technology (2008), dalam mengembangkan pengajaran berbasis ICT, seorang guru hendaknya menguasai pengetahuan akan materi yang disampaikan (Content Knowledge), wawasan pedagogi yang akan digunakan (Pedagogical Knowledge), dan pengetahuan tentang teknologi yang akan digunakan (Technological Knowledge) atau yang selanjutnya disebut dengan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). Ketiga pengetahuan tersebut mutlak dikuasai dan diimplementasikan dalam pengajaran berbasis teknologi. Jika seorang guru hanya menguasai sebagian dari ketiga komponen tersebut, maka media pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi akan mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pencapaian kompetensi yang diharapkan dalam suatu pengajaran materi pelajaran. Sebagai contoh, karena penguasaan guru hanya terkait dengan materi pembelajaran namun lemah dalam pengetahuan penggunaan teknologi, tidak sedikit media pembelajaran yang dirancang oleh guru tersebut menggunakan Microsoft (Ms) PowerPoint sebagian besar berisi teks saja, seperti layaknya tampilan bahan ajar tercetak (buku, artikel, atau teks pelajaran).
          Di lain sisi, guru yang menonjol pengetahuan teknologinya namun tidak memperhatikan aspek pedagogi penyampaian materi pelajaran, cenderung menyajikan PowerPoint yang berisi animasi dan suara yang membuat perhatian pembelajar berfokus pada ketakjuban pemanfaatan animasi dan suara yang berlebihan, sehingga esensi materi pelajaran yang ingin disampaikan oleh guru tidak terserap dengan baik. Padahal peran animasi dalam media pembelajaran dimaksudkan untuk memperjelas konsep yang sedang dipelajari, sedangkan peran suara dalam media pembelajaran adalah untuk memberikan penekanan pada hal-hal yang perlu diperhatikan dan sebagai transisi dari satu topik bahasan kepada topik bahasan lainnya. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, pilihan perangkat lunak (Software) hingga perangkat keras (Hardware) yang dapat digunakan oleh guru bidang studi.
            Salah satu software yang telah dikenal banyak guru dalam kegiatan pembelajaran adalah MS. PowerPoint. Pada slide (lembar kerja) PowerPoint, guru  umumnya memuat teks, gambar, grafik, dan tabel. Padahal, saat ini, Ms. PowerPoint juga dapat mengintegrasikan aplikasi lain yang diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan  TIK dalam kegiatan pembelajaran matematika. Salah satu software yang dapat diintegrasikan ke dalam Ms. PowerPoint adalah iSpring.  Pengintegrasian iSpring Suite 8 dalam Ms. PowerPoint akan sangat bermanfaat bagi guru  alam membuat media pembelajaran yang akan digunakan dalam pengajarannya.
            Dengan memanfaatkan iSpring, siswa tidak perlu mencatat sajian materi yang disajikan di kelas, mereka dapat membawa pulang file sajian PowerPoint guru yang tidak hanya berisi sajian yang dirancang guru sebelum pengajaran, tetapi juga berisi rekaman penjelasan guru baik visual maupun grafis. Selain bahan presentasi, iSpring juga memungkinkan guru mengisi slide PowerPoint dengan soal kuis atau latihan baik yang berbentuk tes pilihan ganda maupun tes uraian. Pada soal kuis tersebut, guru juga dapat memberikan umpan balik (feedback) sebagai respons atas jawaban siswa. Mengingat begitu banyak manfaat pengintegrasikan iSpring dalam media pembelajaran berbasis Ms PowerPoint, maka perlu dilakukan pengkajian secara teoritis bagaimana pemanfaatan Ms. PowerPoint dan iSpring dalam pembelajaran matematika berbasis Technological Pedagogigal Content Knowledge (TPACK).
         Berikut adalah bagaimana cara-cara membuat multimedia interaktif (MMI) dengan menggunakan iSpring Suite 8.

1. Pastikan anda telah memiliki software iSpring Suite 8 yang telah diinstallkan dan pastikan sudah tidak ada tanda kunci di iSpring Suite 8 yang terdapat dalam power point, jika masih terdapat tanda kunci, maka anda dapat mencopy file crack di iSpring Suite 8, dan mempastekan file crack tersebut dalam program file di Local Disk C pada bagian iSpring Suite 8. Jika sudah terinstal dengan benar, maka akan diperoleh tampilan seperti berikut.



2. Persiapkan file yang telah anda buat di power point. File tersebut dapat terdiri dari identitas pembelajaran, identitas pembuat file pembelajaran (identitas guru) beserta foto diri atau foto yang lainnya, materi pembelajaran, video, quiz dan penutup pembelajaran. Selain itu dalam setiap slide juga dapat diselipkan record video. Record video untuk menambahkan file berupa video dimana guru dapat menjelaskan tata cara di setiap slide atau hal utama yang terdapat pada slide yang dimaksudkan. Misalnya file seperti berikut:







3. Jika anda akan membuat quiz menggunakan iSpring Suite 8, maka yang harus anda lakukan setelah langkah kedua diatas adalah mengklik iSpring Suite 8-kemudian klik Quiz, dan akan muncul tampilan seperti berikut:



kemudian pilih graded quiz. Setelah itu pilih bentuk quiz yang anda inginkan di bagian graded question. Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan seperti tampak pada gambar berikut. Silahkan pilih sesuai dengan bentuk quiz yang anda inginkan. 



Misalnya saya akan memilih multiple choice, maka tampilan akan berubah menjadi seperti berikut.
Pada bagian multiple choice question, silahkan ketikan soal yang akan anda uji untuk peserta didik. Pada bagian Answer, di setiap alternatif pilihan, tinggal anda ganti dengan jawaban benar dan jawaban salah, jika opsi dalam answer kurang, maka tinggal di klik + di sisi sebelah kanan pada bagian answer. 

Pada bagian answer, jawaban yang benar di klik. Adapun untuk menulis simbol jawaban yang benar  maka tinggal di klik di setiap alternatif answer yaitu simbol equation. Jika soal yang anda berikan lebih dari satu soal, maka klik duplicate di bagian atas dan secara otomatis soal 1 akan menjadi dua (sesuai dengan berapa kali anda menduplikat soal 1). Anda tinggal melakukan edit pada soal nomor 2 dan seterusnya sampai selesai. Jika sudah selesai memasukkan semua soal maka langkah selanjutnya adalah klik save and return to course 

Maka tampilan dalam file power point yang dibuat akan menjadi seperti gambar berikut :

4. Setelah langkah 1 sampai langkah 3 sudah berhasil anda lakukan, dan anda ingin menambahkan file berupa video anda sedang berbicara atau melakukan penerangan tentang slide pada power point, maka di iSpring Suite 8 anda tinggal mengklik record video.
Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. Anda harus mempersiapkan diri dari mulai penampilan, alat bantu untuk membuat suara Anda lebih jernih (misalnya microphone).
Anda tinggal mengklik start record dan memulai bicara, setelah selesai bicara tinggal klik stop. Kemudian klik Ok. Secara otomatis tampilan record video akan hilang. Lakukan cara yang sama jika Anda ingin di setiap slide terdapat record video. 


 
5. Setelah anda memastikan semua hal yang anda inginkan sudah ada dalam file yang anda buat, mulai dari identitas mata pelajaran, identitas dan foto diri, materi, file video pembelajaran, dan quiz. Langkah selanjutnya adalah klik Publish di iSpring Suite 8.


Kemudian pada tampilan berikutnya klik CD.

 
Pada bagian presentation title pastikan nama file yang akan anda buat telah benar.
Pada bagian Local Folder adalah lokasi tempat anda menyimpan file output dari iSpring Suite 8.
Pada bagian Costumize harus pada pilihan Universal (Full).
Pada bagian Output Options harus pada posisi Executable (EXE).
Setelah semuanya sesuai, klik Advanced, klik background, kemudian pilih warna yang anda inginkan.

6. Jika langkah keenam sudah dilakukan kemudian klik Publish di bagian kanan bawah, dan akan muncul tampilan seperti berikut. Anda tinggal menunggu proses berakhir.


7. Cari file iSpring Suite 8 yang berbentuk folder, maka akan diperoleh tampilan seperti berikut:


8. Pada tampilan nomor 7 kemudian klik movie, dan Multimedia Interaktif (MMI) yang anda buat berbantuan iSpring Suite 8 telah selesai dibuat dan siap digunakan.
Selamat Mencoba Multimedia Interaktif dengan I Spring Suite 8…..

Daftar Pustaka
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Darmawan,Deni (2014). Inovasi Pendididkan. Rosdakarya: Bandung. Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The  Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.).   USA: Merrill/Prentice Hall.
Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill
http://trainforfly.blogspot.co.id
https://robisuprana.wordpress.com/multimedia-interaktif-dengan-software-i-spring-presenter
https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/04/24/pengertian-multimedia-interaktif-2/. Diakses tanggal 14 Mei 2018.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN CARA KERJA FLOW CHART

Membuat M-Learning dengan Menggunakan Aplikasi iSpring Suite 8

Jawaban UTS Teknologi Informasi