PERANAN KOMPUTER DI SEKOLAH DASAR

PERANAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi berupa computer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Perangkat-perangkat tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap perkembangan khususnya bidang pendidikan.
Komputer
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardwaresoftware dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Berdasarkan data yang diolah, ada tiga golongan komputer yaitu : a) Komputer Analog, b) Komputer Digital dan c) Komputer Hybrid. Sedangkan berdasarkan penggunaannya ada komputer untuk tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum. Berdasarkan kapasitas dan ukurannya ada enam golongan komputer yaitu : a) Komputer Mikro, b) Komputer Mini, c) Komputer Kecil, d) Komputer Menengah, e) Komputer Besar dan f) Komputer Super. (Wahono, 2003 : 1).
Seiring dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, aktivitas manusia seakan tidak bisa dipisahkan dari yang gadge, sebagai contoh adalah komputer. Komputer sangat memiliki banyak fungsi dan manfaat komputer bagi kita sebagai pengguna, diantaranya:
1.      Komputer sebagai sarana mempermudah kerja
2.      Kompter sebagai sarana komunikasi
3.      Komputer sebagai alat hiburan
4.      Komputer sebagai alat pendidikan
5.      Komputer sebagai sarana informasi
6.      Komputer sebagai sarana usaha
7.      Komputer sebagai sarana kontrol
Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak sisi negatif yang ditimbulkan oleh pengguna komputer jika tidak dengan cerdas menggunakannya, yaitu antara lain :
1.      Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan dan terkoneksi dengan internet dapat digunakan untuk chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.
2.      Dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
3.      Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.
4.      Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Karakteristik Pembelajaran di Sekolah Dasar
Pembelajaran merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang harus dikuasai siswa. Kompetensi lulusan sekolah dasar dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran, diantaranya:
1.      Mampu mengenali dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja, dan peduli terhadap lingkungan.
2.      Mampu berpikir logis, kritis, dan kreatif serta berkomunikasi melalui beberapa media.
3.      Menyenangi keindahan
4.      Mengenali dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakininya.
5.      Membiasakan hidup bersih, bugar dan sehat
6.      Memiliki rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air
Karakteristik Pembelajaran di Kelas Rendah
Karakteristik pembelajaran di kelas rendah adalah pembelajaran bersifat konkret. Proses pembelajaran ini harus dirancang oleh guru sehingga kemampuan siswa, bahan ajar, proses belajar dan sistem penilaian sesuai dengan taraf perkembangan siswa, selain itu proses belajar harus dikembangkan secara interaktif. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru, diantaranya:
1.      Menggolongkan peran anggota keluarga
2.      Menulis dengan jelas dan rapi
3.      Membilang dan menyebutkan banyak benda
4.      Membaca nyaring sederhana kurang lebih 300 kata
 Karakteristik Pembelajaran di Kelas Tinggi
Esensi proses pembelajaran di kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa tentang konsep dan generalisasi sehingga penerapannya (menyelesaikan soal, menggabungkan, menghubungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi). Contoh kegiatan belajarnya:
1.      Mendiskusikan tentang jual beli
2.      Memperagakan rangkaian gerak dengan alat music
3.      Menafsirkan peninggalan-peninggalan sejarah
4.      Melakukan operasi hitung campuran (bilangan bulat pecahan)
5.      Mengumpulkan bukti perkembangbiakan makhluk hidup.
Guru dikelas tinggi pada sekolah dasar harus menggunakan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan berbagai media belajar, berbasis masalah, menggunakan pendekatan konstruktivis, melakukan aktivitas menyelidiki, meneliti, dan membandingkan. Karena siswa di kelas tinggi dalam melakukan kegiatan pembelajaran melakukan tahapan penyelidikan, melakukan pemecahan masalah, dan sebagainya.
Peranan Komputer dalam Pembelajaran
Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
1.      Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
2.      Pengulangan : Pengguna komputer oleh guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
3.      Feedback and Reward : Dengan komputer guru dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dapat disampaikan secara online dan seketika sehingga siswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Contoh Bentuk-bentuk pembelajaran dengan Meggunakan Komputer
Untuk memudahkan penyampaian pesan pembelajaran kepada siswa, berikut dapat dijadikan acuan berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
1.      Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai jenis font, warna dan ukuran kertas yang bervariasi.
2.      Pembelajaran dengan menggunakan media presentasi Power Point dapat menarik perhatian siswa dalam menyimak pesan pembelajaran yang disampaikan guru.
3.      Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
4.      Pembelajaran dengan memanfaatkan program Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
5.      Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
6.      Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
7.      Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
Beberapa pertimbangan pemanfaatan komputer ke dalam proses pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya: a) penyiapan SDM sebagai user yang akan menggunakan dan mengelola. b) penyiapan fasilitas; sekolah menyiapkan fasilitas yang kondusif agar terjadinya belajar berbasis aneka sumber dengan menyiapkan beberapa fasilitas seperti perpustakaan (cetak dan non-cetak), komputer yang terhubung dengan LAN, koneksi internet, VCD/DVD player plus televisi, serta komposisi ruang kelas. c) penyediaan software pembelajaran; penyediaan software pembelajaran seperti buku, modul, LKS, program audio cassette, VCD/DVD, CD-ROM interaktif, dan lain-lain  dapat dilakukan dengan cara membeli produk yang telah ada di pasar atau memproduksi sendiri. d) penyiapan tenaga teknis; fasilitas komputer yang ada di sekolah hendaknya didukung oleh beberapa tenaga teknis yang memiliki keahlian atau keterampilan dalam mengelola dan memlihara peralatan tersebut.
Hal tersebut diatas merupakan kondisi ideal dimana anggapan semua sekolah telah memiliki fasilitas komputer beserta koneksi internetnya, namun tidak sedikit sekolah dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki sehingga untuk menggunakan media komputer saja tidak bisa.
DAFTAR PUSTAKA


Dryden, Gordon, Jennette Vos, 2001. Revolusi cara belajar (the learning revulation) belajar akan efektif jika dalam keadaan ’fan’.Bandung: Kaifa

De Porter Bobbi & Hernachi Mike, (2002) Quantum Learning (membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan), Bandung. Kaifa

Ismaniati Ch. (2001). Pengembangan program pembelajaran berbantuan komputer, Yogyakarta. FIP UNY
Meier Dave, 2002. Accelerated learning, Bandung; Kaifa
Kadir Abdul, 2002. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta. Andi Offset
Normunyati Bin Hayim, Makalah Pengajaran dan pembelajaran dengan berbantuan komputer, Malaysia 
Pepak (2003), Komputer, bikin bodoh atau pintar?, www.sabda.org/pepak
Sadiman Arif S, dkk (1984). Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatan, Jakarta. Pustekom

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN CARA KERJA FLOW CHART

Membuat M-Learning dengan Menggunakan Aplikasi iSpring Suite 8

Jawaban UTS Teknologi Informasi