Jawaban UTS Teknologi Informasi
UTS TEKNOLOGI INFORMASI
Dosen
Pengampu : Dr. Hudiana Hernawan, M.S
Disusun
Oleh :
Nama
: Nurjanah
NIM
: 17862011
Kelas/
Semester : B / 2
PROGRAM STUDI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
KONSENTRASI
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM
PASCASARJANA IPI GARUT
2018
1.
Jelaskan
peranan dan manfaat Teknologi Informasi dalam meningkatkan kinerja profesi anda
dan dampak negatif dari perkembangan Teknologi Informasi.
Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,
menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat
waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini
menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk
menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan
kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan
diakses secara global. Arti teknologi informasi bagi dunia pendidikan
seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk
menyiarkan program pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang
pendidikan sudah merupakan kelaziman.
Membantu menyediakan komputer dan
jaringan yang menghubungkan rumah murid dengan ruang kelas, guru, dan
administrator sekolah. Semuanya dihubungkan ke Internet, dan para guru dilatih
menggunakan komputer pribadi. Peran yang
dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan
informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi,
rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi,
perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara
pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi
atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar
pikiran.
Perkembangan Teknologi Informasi
memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan
berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini
sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.
Jika dilihat pada saat sekarang ini
perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang.
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk
belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan
saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi
informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan
berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan
perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah
dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak
dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu,
berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Di Indonesia yang notabenenya
sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang
masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi
dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa
di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini
dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum
merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah
menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian
perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata.
Salah satu wadah yang dirasa
paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia
saat ini adalah internet. Di Indonesia terutama yang berada di kota-kota besar
sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga pemanfaatan
internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi dan
pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Indonesia belum
sepenuhnya dapat dirasakan semua orang.
Peranan
Guru dalam Pembelajaran TIK
Semua hal itu tidak akan terjadi
dengan sendirinya karena setiap siswa memiliki kondisi yang berbeda antara satu
dengan lainnya. Siswa memerlukan bimbingan baik dari guru maupun dari orang
tuanya dalam melakukan proses pembelajaran dengan dukungan TIK. Dalam kaitan
ini guru memegang peran yang amat penting dan harus menguasai seluk beluk TIK
dan yang lebih penting lagi adalah kemampuan memfasilitasi pembelajaran anak
secara efektif. Peran guru sebagai pemberi informasi harus bergeser menjadi
manajer pembelajaran dengan sejumlah peran-peran tertentu, karena guru bukan
satu-satunya sumber informasi melainkan hanya salah satu sumber informasi.
Informasi melalui media internet,
bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia
mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media
internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola
belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki
kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi
dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu
pembelajaran distance learning. Metode distance learning merupakan suatu metode
alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini
diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat
keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat
membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru
dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan
dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui
internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin
dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang
ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain
yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,
diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal
pembelajaran online, dll.
Jika kita bercermin ke negara
lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa
dibilang cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk
meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di
Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi
informasi disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu
daerah-daerah yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya
fokus pada daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat
sekarang ini, karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung
perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia
sangatlah penting.
Dengan belum meratanya penyebaran teknologi
informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan. Hal ini
dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting.
Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi
dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita
dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan
sektor yang paling dominan. Siapa saja
yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam
memperbaiki mutu pembelajaran, ada tiga hal yang harus diwujudkan yaitu:
1.
Siswa
dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam
kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru.
2. Harus tersedia materi yang berkualitas,
bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru.
3. Guru harus memiliki pengetahuan dan
ketrampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital untuk
membantu siswa agar mencapai standar akademik.
Peranan
TIK dalam Bidang Pendidikan (e-education)
Pengembangan Tekonologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. Kenyataan menunjukan TIK telah membawa perubahan penting dalam
perkembangan peradaban dunia terutama ekonomi. Bahkan abad ke-21 diyakini akan
menjadi abad baru yang disebut era informasi-ekonomi (digital-economic) dengan
cirri khas perdagangan yang memanfaatkan peralatan elektronik (electronic
commerce). Keadaan ini mengakibatkan adanya pergeseran paradigma strategis
pembangunan masyarakat dunia dari era industri menuju informasi.
Dari berbagai peranan TIK salah
satunya yaitu peranan Teknlogi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan
(e-education) tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya tidak mungkin lagi
mengecek jumlah siswa yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke tahun hanya
dengan catatan di buku tahunan saja, demikian juga hasil nilai siswa yang
diperoleh selama mengkuti pendidikan hanya mengandalkan buku nilai guru, leger
sekolah atau buku induk sekolah , begitu pula pekerjaan sederhana apapun
pekerjaan akan menjadi lebih efisien jika menggunakan computer. Pendidikan yang
menggunakan sarana TIK terutama internet biasa disebut e-education
Kecenderungan dunia pendidikan di
Indonesia pada masa yang mendatang hubungannya dengan perkembangan TIK sebagai
berikut :
1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan
cara belajar jarak jauh (distance learning). Untuk menyelenggarakan pendidikan
terbuka dan jarak jauh perlu dimasuka sebagai setrategi utama pendidikan jarak
jauh dengan memanfaatkan teknologi internet secara maksimal dapat memberikan
efektifitas dalam hal waktu, tempat bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
2. Terjadinya sharing resource (berbagi sumber daya) antara
lembaga pendidikan dan pelatihan .
3. Perpustakaan dan instrument pendidikan
lainnya misalnya guru dan laboratorium berfungsi sebagai fasilitator bukannya
sumber informasi.
4. Penggunaan perangkat informasi
interaktif seperti CD-ROM multimedia yang secara bertahap akan menggantikan
fungsi papan tulis.
Manfaat internet bagi bidang
pendidikan di Indonesia antara lain akan mendapatkan akses keperpustakaan,
direktori sekolah, para pakar dapat melalukan perkuliahan secara online,
penyediaan sarana informasi akademik lembaga pendidikan secara online dapat
melaksankan kerjasama dengan lembaga lain melalui internet serta melakukan
marketing dan promosi hasil karya penelitian secara lebih efisien.Disamping itu
kita dapat merancang program artificial intelegence untuk membuat sebuah model
rencana pengajaran.
Perkembangan TIK di bidang
pendidikan memungkinkan adanya sistem belajar jarak jauh dengan menggunakan
media internet untuk menghubungan antara mahasiswa dengan dosennya. Melihat
nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, mengecek jadwal kuliah
mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen. Sistem pendidikan TIK terbukti
telah berhasil menurunkan angka putus sekolah dan meningkatkan nilai rata-rata
ujian.
Ternyata banyak sekali manfaat
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya
dalam bidang pendidikan. Dengan pendidikan dimungkinkan terjadinya
penyebarluasan Teknologi Informasi dan transformasi ilmu pengetahuan untuk
sektor-sektor pendidikan. Para siswa yang duduk di bangku sekolah dan mahasiswa
juga terbantu dengan adanya internet dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas
kuliah. Para mahasiswa dapat mencari bahan skripsi di internet atau para siswa mencari
bahan tugas makalahnya di internet. Dengan adanya pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi di sekolah, para siswa dapat belajar dan memanfaatkan TIK dalam
kehidupan mereka sehari-hari dengan baik.
Harus kita sadari, TIK khususnya internet
hanyalah merupakan alat bantu saja dan bukan menjadi solusi dalam dunia
pendidikan, formal maupun nonformal. Bagaimanapun pendidikan yang bermutu
didapat dari para pendidik yang bermutu ditambah dukungan pemerintah dengan
kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa didik yang diimplementasikan
dengan benar dan kreatif.
Manfaat dan Dampak Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Teknologi Informasi adalah suatu
cara bagi pengguna media untuk mengkomunikasikan hal yang ingin mereka
sampaikan kepada orang lain. Penggunaan Informasi dapat berdampak buruk dan
baik. Dampak baiknya kita memperoleh banyak informasi dari teknologi yang
canggih yang banyak bermunculan belakangan ini. Dampak buruknya mungkin ada
orang lain yang salah mengartikan arti teknologi.
Dampak
positif dan negatif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi antara
lain:
A.
Manfaat Positif TIK antara lain :
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin
cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
2. Konsultasi dengan pakar, konsultasi
dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli
tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
3. Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah
perpustakaan dalam bentuk digital.
4. Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan
melalui internet.
5. Inovasi dalam pembelajaran semakin
berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses
pendidikan.
6. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan
berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak
mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
7. Sistem administrasi pada sebuah lembaga
pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
B.
Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
1. Kemajuan TIK juga akan semakin
mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual
(HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat
plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu
lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi
suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi
adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam
waktu yang singkat (short span of attention).
Dunia internet misalnya, merupakan
sebuah perpustakaan maya terbesar di dunia. hampir semua yang ingin kita cari
ada di internet. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu
kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama
dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi
pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk
diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk
mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Salah satu
metode yang mulai diterapkan yaitu pembelajaran distance learning. Metode
distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan
dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah
yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode
distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari
hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk
dipahami
2. Komputer terdiri atas Software ,
Hardware, dan Brainware. Jelaskan ketiga bagian itu! Jelaskan pula jenis-jenis
alat input dan alat out put computer dan fungsinya! Berikan pula
contoh-contohnya!
1. Hardware
Yang dimaksud dengan hadware
adalah merupakan suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer, dapat
dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Beberapa
contoh dari hadware adalah sebagai berikut:
Perangkat
input (masukan), merupakan sebuah perangkat keras yang dipakai untuk memasukkan
(input) dari user (pengguna) yang akan di proses oleh komputer. Misalnya
seperti contoh: mouse, keybord, joystick, touchpad, ligh pen, barcode, scanner,
microphone, dan lain sebagainya.
Perangkat
proses, merupakan sebuah perangkat keras yang gunanya adalah untuk memproses
masukan (input) yang sudah diberikan oleh pengguna (user). Misalnya seperti:
processor.
Perangkat
output (keluaran), merupakan sebuha perangkat keras yang gunanya adalah untuk
memperlihatkan hasil yang sudah di olah oleh komputer dan selanjutnya diberikan
kepada pengguna (user). Misalnya seperti contoh: monitor, printer, speaker,
proyektor, plotter, dan lain sebagainya.
2.
Software (perangkat lunak)
Yang dimaksud dengan software
adalah merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh
komputer. Data komputer yang disimpan dapat berupa progam yang berguna untuk
menjalankan suatu perintah. Software ini tidak dapat dipegang. Beberapa contoh
software adalah sebagai berikut:
Sistem
operasi: merupakan suatu perangkat lunak atau software yang memang ada dan
sebagai jalur penghubung antara user (pengguna) dengan hardware (perangkat
keras). Misalnya seperti: Windows, Linux, dan Mac OS.
Software
aplikasi: merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk
diaplikasikan agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan user (pengguna).
Misalnya seperti: Microsoft Office, Libre Office, Corel Draw, Photosop, dan
lain sebagainya.
3. Brainware
(pengguna)
Yang dimaksud dengan brainware
adalah manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa
adanya campur tangan manusia, komputer tidak akan pernah bisa dijalankan. Maka,
peran brainware disini sangatlah fital agar komputer dapat digunakan dan di
operasikan dengan baik oleh penggunanya.
Jenis
– Jenis, Fungsi Alat Input dan Output
A.
Input Device
Input Device adalah Perangkat
masukan artinya perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data atau
perintah kedalam mesin komputer yaitu processor. Detail Contoh dari Input
Device ialah :
1. Keyboard
2. Mouse
3. TouchPad
4. Scanner
5. Joy Stick
6. Light Pen
B. Output Device
Output Device adalah alat untuk
menampilkan data – data hasil proses yang di lakukan oleh processor.. Data data
tersebut bisa berupa Visual, Gambar dan Audio. Detail Contoh dari Output Device
ialah :
1. Monitor
2. Printer
3.
Jelaskan peranan dan manfaat multimedia dalam meningkatkan kinerja profesi anda
!
Perkembangan teknologi komunikasi
dan informasi yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap berbagai aspek
kehidupan manusia. Sampai saat ini, menurut TofFler, perkembangan tersebut
telah mencapai gelombang yang ketiga. Gelombang pertama timbul dalam bentuk
teknologi pertanian, dimana era pertanian ini telah berlangsung selama ratusan ribu
tahun yang lalu bahkan sampai sekarang. Gelombang kedua timbul dalam bentuk
teknologi industri, era industri ini telah berlangsung sejak ratusan tahun yang
lalu sampai sekarang. Kini, gelombang ketiga yang ditandai dengan pesatnya
perkembangan teknologi elektronika dan informatika. Perubahan dari era industri
ke era informasi (global) ini hanya berlangsung dalam hitungan waktu tidak
lebih dari setengah abad (Dryden dan Voss, 1999).
Pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi untuk pendidikan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk susuai
dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi informasi dan Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah menjadi
keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi teknologi
informasi dan komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat dan sudah siap menanti
untuk dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada kondisi
riil, teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan nantinya berfungsi sebagai
gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi,
penunjang administrasi, alat bantu manajemen sekolah, dan sebagai infrastruktur
pendidikan
Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan
Ada berbagai tren yang berkembang dalam
pemanfaatan TIK khususnya dalam konteks sekolah, tentunya dengan memperhatikan
ketersediaan dan kemudahan akses sumber belajar online. Berikut ini adalah tren
yang berkembang sebagaimana disarikan dari artikel Newer Technologies for the
Learning Society (C.Villanueva, 2000).
Secara umum, pengintegrasian
secara penuh TIK kedalam pendidikan masih sangat terbatas. Multimedia
interaktif atau hypermedia belumlah dimanfaatkan secara meluas. Aktivitas
Online melibatkan internet dan intranet lebih banyak digunakan untuk keperluan
komunikasi daripada sarana pendidikan interaktif.
Model pembelajaran campuran yang
baru mulai muncul. Pembelajaran tatap muka dan aktivitas belajar online, video,
multimedia dan sarana telekomunikasi menunjang berbagai proses pembelajaran,
kadangkala dalam bentuk kombinasi dan kadangkala dalam bentuk yang lebih
terintegrasi.
Pendidikan jarak jauh sekarang
disajikan dalam dua cara yaitu synchronous mode di mana peserta menggunakan TIK
untuk berkomunikasi pada waktu yang bersamaan dan asynchronous mode di mana
para peserta belajar atau berkomunikasi secara mandiri pada waktu yang berbeda
kapan saja mereka online (anytime-anywhere learning). Dalam kenyataannya
pertemuan tatap muka atau interakasi (synchronous) masih diperlukan untuk
menunjang belajar mandiri dan asynchronous agar belajar dapat lebih efektif.
TIK memfasilitasi interaksi tingkat tinggi antara siswa, guru, dan materi
pembelajaran berbasis komputer. Komunikasi dapat dinamis dan bervariasi sesuai
keinginan siswa dan guru, dan ia dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti
e-mail, mailing list, chat, bulletin board, and konferensi komputer.
TIK sudah menjadi suatu daya
penggerak perubahan bidang pendidikan dan mereka adalah suatu bagian integratif
dari kebijakan dan rencana pendidikan nasional. Bukti yang berkembang
menunjukkan semakin banyak negara yang mulai melengkapi sekolah mereka dengan
komputer untuk mencapai reformasi sekolah atau usaha peningkatan sekolah atau
bahkan untuk memberi sekolah mereka suatu penampilan modern dan bertenologi.
Bagaimanapun, dalam posisi ini banyak pendidik yang melihat teknologi online
sebagai suatu jalan untuk pengajaran, pelajaran, dan praktek penguasaan baru,
hanya mempunyai sedikit informasi tentang potensi dan penggunaan otentik dari
ICT dalam pendidikan. Pengalaman menunjukkan bahwa pengenalan tentang teknologi
di sekolah mengalami tiga fasa, yakni suatu tahap penggantian di mana praktek
tradisional masih terjadi tetapi teknologi baru digunakan; suatu tahap transisi
di mana praktek baru mulai muncul dan praktek lama dipertanyakan; dan suatu
tahap transformasi di mana teknologi memungkinkan praktek baru dan praktek lama
menjadi usang. Jika pendidik meminta dengan tegas atas penggunapan TIK sebagai
pengganti praktek yang ada, mereka tidak dapat berperan untuk memecahkan
permasalahan di bidang pendidikan yang saat ini mereka temui.
Pengenalan TIK di sekolah telah
membawa suatu sikap yang lebih positif terhadap sekolah pada diri siswa. Karena
TKI dan belajar berbasis web menawarkan keaneka ragaman yang lebih besar dari
tujuan, proyek, aktivitas, dan latihan dalam pembelajaran dibanding kelas
tradisional, minat dan motivasi siswapun meningkat secara nyata. Para guru dan
siswa terangsang karena pengajaran menjadi lebih dinamis yang memperluas visi
mereka seperti halnya akses ke bahan belajar dan perangkat lunak bidang
pendidikan yang bermutu tinggi. Lebih dari itu, para guru kelihatannya
termotivasi untuk mengajar dengan lebih kreatif. Portal pembelajaran menghubungkan
para guru kepada sejumlah racangan pelajaran, panduan guru, dan soal-soal
latihan siswa yang ditempatkan di Internet oleh institusi pemerintah, LSM, dan
institusi pendidikan.
Pembelajaran online memungkinkan
siswa mempunyai kendali lebih besar terhadap kegiatan dan isi pembelajaran.
Lingkungan online mennempatkan siswa di tengah-tengah pengalaman belajar. Pada
pembelajaran tradisional, pengulangan digunakan berkali-kali dengan
memperkenalkan informasi yang sangat serupa dalam format berbeda atau dengan
menanyakan pertanyaan yang sama dengan cara yang berbeda. Padahal banyak siswa
tidak suka latihan yang berulang-ulang. Internet mendorong siswa untuk menggali
informasi dan contoh praktis. Hypermedia dan multimedia memudahkan pendekatan yang
belum pernah terjadi pada pembelajaran tradisional. Internet mempromosikan
suatu alternatif jenis belajar dengan melakukan (learning by doing) di manapara
siswa diminta untuk melakukan proyek yang berhubungan dengan situasi hidup
nyata. Teknologi menyampaikan informasi dengan penekanan pada penciptaan dan
explorasi aktif terhadap pengetahuan dibandingkan transfer informasi searah,
yang memungkinkan siswa tersebut untuk menggunakan secara penuh kemampuan
kognitif mereka sendiri.
Corak interaktif sumber belajar
memungkinkan siswa untuk terus meningkatkan keterlibatannya dengan pengembangan
isi dan dengan demikian berperan dalam suatu situasi belajar yang lebih
otentik. Sebagai contoh, para siswa dapat mengakses perpustakaan maya di
seluruh dunia. Dengan demikian mereka mempunyai akses ke sejumlah besar
informasi dan sumber belajar yang luas yang tidak dapat dicapai dalam seting
pembelajaran yang tunggal. Sejauh yang terkait dengan guru, sejumlah besar
sumber belajar yang diletakkan di Internet telah membantu guru dalam menghadapi
tantangan mengajar sehari-hari. Para guru dapat saling betukar rencangan
pembelajaran, teknik pedagogis, dan strategi yang berhubungan dengan isu-isu
dan permasalahan umum.
Pembelajaran online menyediakan
perkakas teknis yang membuat belajar lebih mudah. Sebagai contoh, bahasa yang
digunakan untuk mencari informasi dan bahan belajar adalah segera dan intuitif.
Bahasa tersebut tidaklah harus dipelajari oleh pemakai dan dapat diadopsi
dengan usaha minimal. Tatabahasa Dan sintaksis dasar dapat digunakan sebagai
instrumen untuk mencari dan memperoleh informasi. Pengintegrasian komunikasi
dan authoring tools, bersama dengan alat penghubung clickto-connect telah
berhasil dengan mantap mempermudah proses mengecek email, mengakses data, dan
pengaturan atas koneksi konferensi komputer. Teknologi simulasi tau visualisasi
dapat membantu siswa untuk belajar sistem yang kompleks dengan cara yang lebih
kongkrit. Komunikasi percakapan berbasis komputer (Computer Mediated Chatting =
CMC) dan bulletin board dapat melengkapi pertemuan tatap muka.
Pendidikan dan pelatihan guru
sekarang meliputi pembelajaran kolaboratif dan just-intime. TIK membuka suatu
dunia yang utuh dari belajar sepanjang hayat melalui pendidikan jarakjauh,
pembelajaran asynchronous, dan pelatihan atas permintaan. TIK cukup fleksibel
untuk memperkenalkan kursus baru sebagai jawaban langsung atas permintaan yang
semakin meningkat.
TIK membantu memecahkan isolasi
profesional yang banyak diderita para guru. Dengan TIK, mereka dapat dengan
mudah berhubungan dengan para profesional lain, rekan kerja, penasihat,
universitas dan pusat keahlian, dan dengan sumber belajar. Para guru kini
menerbitkan bahan belajar yang mereka kembangkan di Internet dan berbagi
pengalaman mengajar mereka dengan guru lainnya.
Penggunaan jaringan komputer
untuk mempromosikan aktivitas belajar berkelompok menjadi semakin lebih
populer. Teknologi komputer dalam pendidikan bergerak dari belajar mandiri ke
metode belajar jarak jauh berkelompok. Dengan menggunaan perangkat komunikasi
berbasis komputer dan kelompok belajar berbasis web, siswa dapat menerapkan
pengetahuan yang dimiliknya dengan mengkombinasikan usaha mereka untuk
mengembangkan suatu aktivitas atau proyek. Belajar koperatif melalui komputer
mempunyai efek positif atas kinerja tugas kelompok, prestasi individu, dan
sikap terhadap belajar kolaboratif.
Dalam kaitan pemanfaatannya untuk
pendidikan, Ashby (1972) seperti dikutip oleh Miarso (2004), menyatakan bahwa
dunia pendidikan telah memasuki revolusinya yang kelima. Revolusi pertama
terjadi ketika orang menyerahkan pendidikan anaknya kepada seorang guru.
Revolusi kedua terjadi ketika digunakannya tulisan untuk keperluan pembelajaran.
Revolusi ketiga terjadi seiring dengan ditemukannya mesin cetak sehingga materi
pembelajaran dapat disajikan melalui media cetak. Revolusi keempat terjadi
ketika digunakannya perangkat elektronik seperti radio dan televisi untuk
pemerataan dan perluasan pendidikan. Revolusi kelima, seperti saat ini, dengan
dimanfaatkannya teknologi komunikasi dan informasi mutakhir, khususnya komputer
dan internet untuk pendidikan. Revolusi ini memberi dampak terhadap beberapa
kecenderungan pendidikan masa depan. Beberapa ciri tersebut, menurut Ashby
seperti dikutip oleh Miarso (2004) adalah sebagai berikut:
a.
Berkembangnya
pembelajaran di luar kampus sebagai bentuk pendidikan berkelanjutan.
b.
Orang
memperoleh akses lebih besar dari berbagai sumber belajar.
c.
Perpustakaan
sebagai pusat sumber belajar menjadi ciri dominant dalam kampus.
d.
Bangunan
kampus berserak (tersebar) dari kampus inti di pusat dengan kampus satelit yang
ada di tengah masyarakat.
e.
Tumbuhnya
profesi baru dalam dalam bidang media dan teknologi.
f.
Tuntutan
terhadap lebih banyak belajar mandiri.
Kecenderungan lain, seperti
diungkapkan oleh Ryan et al (2000) adalah sebagai berikut:
a.
Teknologi
yang ada saat ini dapat mentransformasi cara pengetahuan dikemas, disebarkan,
diakses, diperoleh dan diukur. Sehingga merubah cara produksi dan penyampaian
materi dari cetak dan analog ke dalam bentuk digital dalam bentuk DVD, CD-ROM,
maupun bahan belajar on-line berbasis web lainnya.
b.
Orang
akan lebih memilih metode belajar yang lebih luwes (flexible), mudah, dan
sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya masing-masing. Sehingga memicu
terjadinya pergeseran pola pendidikan dari tatap muka (konvensional) kearah
pendidikan yang lebih terbuka. Dengan adanya teknologi internet ini sistem
penyampaian dan komunikasi (delivery system and communication) antara siswa
dengan guru, guru dengan guru atau siswa dengan siswa dapat dilakukan dengan
berbagai bentuk dan cara, baik secara bersamaan (synchronous) maupun
(asynchronous). Beberapa bentuk komunikasi yang dapat dilakukan antara lain adalah
sebagai berikut (Purbo, 1997):
c.
Dialog
elektronik (chatting); dialog elektronik adalah percakapan berbasis teks yang
dapat dilakukan secara online dalam waktu bersamaan (synchronous) antara dua
atau lebih pengguna internet. Contoh aplikasi dalam konteks pendidikan tinggi,
dialog elektronik dapat digunakan untuk proses komunikasi antara dosen dengan
beberapa orang mahasiswanya dalam mendiskusikan suatu topik perkuliahan
tertentu.
d.
Surat
elektronik (e-mail); surat elektronik merupakan suatu bentuk komunikasi tidak
bersamaan (asynchronous) yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara
mahasiswa dengan dosen atau mahasiswa dengan mahasiswa lain melalui surat yang
disampaikan secara elektronik melalui internet. Berbeda dengan chatting, dengan
cara ini umpan balik yang diperoleh mungkin tertunda.
e.
Konferensi
kelompok melalui surat elektronik (mailing list); Mailing list merupakan
perluasan dari e-mail dimana seseorang dapat mengirim pesan kepada sekelompok
orang tertentu yang telah terdaftar untuk bergabung dalam kelompok diskusi.
Sebagai contoh, seorang dosen memiliki daftar mahasiswa yang tergabung dalam
kelompok mata kuliah tertentu. Pemberian tugas dan diskusi dapat dilakukan
melalui fasilitas seperti ini.
f.
Konferensi
jarak jauh (teleconference); konferensi jarak jauh dapat berupa konferensi
audio maupun konferensi video. Kedua konferensi ini dapat dilakukan dengan cara
“point to point” atau “multi point”. Cara pertama dilakukan dalam dua tempat.
Sedangkan cara kedua dilakukan dalam lebih dari dua tempat. Sebagai contoh,
seorang guru dari sekolah tertentu dapat mendiskusikan suatu topik tertentu
kepada siswa di beberapa sekolah lain dalam waktu bersamaan.
4. Jelaskan
peranan dan manfaat internet dalam meningkatkan kinerja profesi anda dan dampak
negative dari perkembangan internet serta jelaskan pula manfaat blog bagi
saudara!
1 . Menambah Wawasan
Dengan tersedianya
milyaran informasi yang ada di internet, Anda hanya perlu mencari nya saja.
Hanya dengan mengetik beberapa kata pun, informasi yang Anda inginkan sudah bisa
didapatkan. Misalnya Anda sangat gemar dengan olahraga sepakbola, maka semua
informasi mengenai sepakbola di internet ada. Jadi, internet sangat menambah
wawasan penggunanya. Dan ini tentunya sesuai dengan pengertian internet yang
sudah dijelaskan diatas.
2. Lebih Efisien
Tak perlu membeli
koran, tak perlu berlama-lama menunggu informasi yang Anda mau di TV. Dengan
internet, informasi apapun bisa langsung Anda dapatkan. Jadi, dapat dibuktikan
bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien.
3. Memudahkan Komunikasi
Di era yang semakin
canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan
menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di
internet. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang
lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda
melalui social media yang bagus, seperti Google+.
4. Meningkatkan Penguasaan Bahasa
Asing
Bisa menggunakan
bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara
mengenai bahasa Inggris. Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional
yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja nantinya,
terlebih lagi jika Anda ingin bekerja di luar negeri. Di internet sendiri memang
sangat banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu
Anda juga bisa belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya dengan
menerjemahkan kata atau kalimat di Google Translate.
5. Mendorong Kemandirian
Tahukah Anda, orang
yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri
dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya
mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa
mencarinya di internet. Sehingga terciptalah karakter kemandirian, karena
terbiasa insiatif sendiri mencari informasi.
6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh
Internet sebagai
perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif
memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang
guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat,
melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa
bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses
pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.
7. Sebagai Sarana Hiburan
Berbicara mengenai
hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata
saja, di dunia maya pun bisa. Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai
yang Anda mau, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur,
bermain game secara online, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi
menghibur, dan lain-lain.
8. Memudahkan Pekerjaan
Pekerjaan yang
sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh,
jika Anda diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor
lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di dunia
maya atau biasa disebut dengan Email.
9. Untuk Menjalankan Bisnis
Online
Bisnis yang
dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online. Ya,
bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya
dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di
depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat
hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia
nyata.
10. Berbelanja Online
Jika Anda suatu hari
sedang malas untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru
berbelanja. Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus
berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti
berkualitas. Jadi begitu mudahnya belanja online, caranya Anda hanya perlu
memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim
uang, barang terkirim sampai di rumah Anda. Namun memang untuk berbelanja
secara online Anda harus cerdas dalam memilah-milah mana toko online yang terpercaya.
Di era yang semakin
elit dan canggih ini, bisa mengoperasikan internet adalah sebuah keharusan.
Karena jika tidak, kita bisa tertinggal oleh zaman, dan mungkin tidak
berkembang pola pikirnya, karena masih berpikir secara tidak modern. Beberapa
manfaat internet tersebut membuktikkan bahwa internet sangat luar bisa
peranannya dalam pola hidup manusia saat ini. Mulai dari penyajian informasi,
hiburan, hingga bisnis semua ada di internet. Semua hal yang sebelumnya sulit,
akan terasa dengan mudah jika menggunakan internet.
Dan Skipnesia.com
ingatkan, pergunakanlah internet secara bijak atau sebagaimana mestinya. Karena
internet bukan hanya berdampak positif saja bagi kehidupan kita, namun ada juga
dampak negatif yang bisa didapat dari internet jika kita tidak bisa
menggunakannya secara bijak. Ini adalah era baru, manfaatkan semua yang ada di
internet dengan kreativitas Anda, entah itu untuk belajar, berkomunikasi
bersama teman-teman, mencari hiburan, ataupun untuk berbisnis. Pengertian
internet dan juga 10 manfaat internet diatas adalah manfaat yang bisa diperoleh
dari internet secara umum, baik untuk pendidikan, masyarakat, maupun bidang
yang lainnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Munir. (2008). Dampak Teknologi
Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Bandung, Penerbit: Universitas
Pendidikan Indonesia.
____Pengertian teknologi
informasi dan komunikasi dikutip dari
http://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/04/21/perkembangan-tik-di-bidang-pendidikan-di-
indonesia/ diakses tanggal 02 Desember
2011
____Dampak dari teknologi
informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dikutip
darihttp://risyana.wordpress.com/2009/04/13/keuntungan-dan-kerugian-dalam-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik/
diakses tanggal 02 Desember 2011
http://chievan.blogspot.com/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/pemanfaatan-multimedia-pembelajaran-di.html
http://lokerkomputer.blogspot.com/2013/02/peran-dan-pemanfaatan-multimedia.html
http://apeace.web.id/pemanfaatan-multimedia-untuk-peningkatan-mutu-pendidikan/
http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan
http://research.amikom.ac.id/index.php/JD/article/view/472
http://ajank-sifajar.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://research.amikom.ac.id/index.php/JD/article/view/472
http://hanisnovita.blog.fkipuir.cjb.net/2012/11/pemanfaatan-multimedia-pembelajaran.html
http://www.zainalhakim.web.id/pemanfaatan-multimedia-pembelajaran.html
http://boixosnoiz.blogspot.com/2013/02/artikel-multimedia-2.html
Komentar
Posting Komentar