INTERNET
INTERNET
Oleh : Nurjanah
A. Pengertian Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang paling banyak dan paling luas
digunakan di seluruh dunia. Selain itu, internet telah menjadi alat yang sangat
berguna dalam dunia teknologi yang canggih dan juga telah menjadi kebutuhan
yang mendasar dalam kehidupan karena internet dapat menyajikan berbagai macam
informasi yang dibutuhkan dan juga dapat dijadikan sebagai alat berkomunikasi.
Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Comer ( 2000 ) yang menyatakan bahwa
Internet communication has become a fundamental
part of life. The World Wide Web contains information about such diverse
subjects as atmosphere conditions, crop production, stock prices, and airline
traffic. Group establish mailing lists so they can share information of
common interest. Professional colleagues exchange business correspondence
electronically, and relatives exchange greetings".
Internet itu sendiri merupakan singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu " The larges global network of computers, that enables people throughout the world to connect with each other". . Untuk dapat menggunakan internet diperlukan sebuah komputer yang memadai, harddisk yang cukup, modem ( berkecepatan minimal 14.400), sambungan telepon ( multifungsi : telepon, faksimili, dan internet) ada program windows, dan sedikit banyak tahu cara mengoperasikannya, Rusman dkk ( 2011 ).
Pengertian Internet Menurut Para Pakar
Purbo menjelaskan bahwa Internet
dengan berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail pada dasarnya merupakan
media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi. (Prihatna, 2005
).
Menurut Sidharta (1996) : walaupun
secarafisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara
umumInternet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah
informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan
multimediayang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai
dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia
nyata ada diInternet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain
sebagainya.
Definisi menurut Frost (2003) Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama
lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti
halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.
Menurut
Allan (2005) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung
secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol
komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission
Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai
bagaimana komputer saling bertukar informasi.
Menurut O`Brien (2003) Internet
merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis,
pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah
penggunanya lebih dari 200 negara.
B. Sejarah Internet
Heywood ( 1996) menerangkan bahwa sejarah internet bermula pada
akhir dekade 60-an. saat United states departement of defense ( DoD) memerlukan
standar baru untuk komunikasi internetworking. Yaitu standar yang mampu
menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor
militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus
kuat, aman, dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi di dalam kondisi
minimum akibat bencana atau perang. Internet merupakan jaringan komputer
yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui
proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network),
di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer
yang berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga
melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehlan,
seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua str yang mereka
tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
C. Fungsi Internet Dikaitkan dengan
Pembelajaran
Dalam pembelajaran, internet dapat berfungsi
sebagai media pembelajaran dan sumber belajar Menurut Sanjaya (2011)
pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa keunggulan,
di antaranya:
a Dimungkinkan
terjadinya distribusi pendidikan ke seluruh daerah tanpa mengenal
batas geografis.
b. Tidak
memerlukan ruang kelas sehingga proses pembelajaran dapat terjadi di mana saja.
c. Proses
pembelajaran tidak terbatas oleh waktu.
d. Pembelajaran
dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan masing – masing.
e. Lama waktu
belajar tergantung pada kemampuan masing – masing peserta didik.
f. Materi
pembelajarannya akurat dan tidak kuno (mengikuti perkembangan zaman).
g. Pembelajaran
dapat dilakukan secara interaktif sehingga mampu menarik perhatian peserta
didik dan memungkinkan pihak
berkepentingan seperti orang tua peserta didik maupun
guru dapat turut serta menyukseskan proses
pembelajaran, dengan cara mengecek tugas –
tugas yang dikerjakan peserta didik secara
online.
Bukan hanya dapat digunakan sebagai
media pembelajaran, internet pun dapat digunakan sebagai sumber belajar. Karena dengan menggunakan internet dengan segala fasilitasnya akan
memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi untuk pendidikan yang
secara langsung dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik bagi
keberhasilannya dalam belajar. Dengan memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar, guru dan peserta didik dapat melakukan beberapa hal (Rusman, dkk :
2015), di antaranya:
a Dapat
melakukan penelusuran dan pencarian bahan pustaka
b. Dapat membangun
Program Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) untuk
memodelkan sebuah rencana pembelajaran.
c. Mendapatkan kemudahan
untuk mengakses apa yang disebut dengan virtual classroom
ataupun virtual university.
d. Dapat melakukan
pemasaran dan promosi hasil karya penelitian.
Dengan adanya koneksi internet yang
memadai maka pembelajaran masa kini pun menjadi menarik. Ada beberapa jenis
pemanfaatan internet dalam pembelajaran, seperti pembelajaran berbasis WEB, e –
learning, dan pembelajaran jarak jauh (Rusman, dkk. : 2015).
D. Kesimpulan dan Saran
Penggunaan
teknologi internet dalam pemanfaatannya hendaknya didasari oleh nilai-nilai
keimanan dan ketaqwaan , etika dan estitika , dan kearifan para pemakainya.
Hanya mengembangkan nilai-nilai seperti itu, dampak negative dari pemanfaatan
TIK khusunya internet dapat diminimalkan terutama bagi para generasi muda yang
masih dalam masa pertumbuhan dan pencarian identitas diri.
Dalam
penggunaan alat TIK diminta kepada pengguna yang dibawah umur , harus ada
bimbingan dari orang tua dan siswa disekolah bimbingan dari guru.
1. Bagi para pengguna yang lain gunakanlah
sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
2. Khusus bagi lembaga
pendidik untuk dapat memblokir situs-situs yang tidak boleh dibuka.
DAFTAR PUSTAKA
Allan. (2005).
Pengertian Internet dan asal usul dari kata internet. surabaya : Penerbit
Indah.
Comer, Douglas E.
(2000).Internetworking With TCP/IP. Amerika : Purdue
University.
Drew Heywood. (1996).
Networking with Microsoft TCP/IP. Indianapolis, USA : New
Riders Publishing.
Henky Prihatna. (2005).
Kiat Praktis Menjadi Web Master Professional. Jakarta : PT.Elex
Media Komputindo.
O`Brien, J. (2003).
Introduction to Information System Essential for E-Business Enterprise
Eleventh Edition. New York :
McGraw-Hill.
Rusman., Kurniawan, D.
dan Riyana, C. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas
Guru. Cetakan Keempat. Jakarta:
PT RajaGrafindo Persada.
Sidharta, Lani. (1996).
Internet informasi bebas hambatan. Jakarta : Media Elex Komputindo.
Strauss, J., El-Ansary,
A., & Frost, R. (2003). ”E-marketing International”, Edition (3rd
Edition. New Jersey : Upper Saddle
River.
Sanjaya, W. (2011).
Pembelajaran dan Desain Sistem Pembelajaran. Cetakan Keempat.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Komentar
Posting Komentar